MENU

SELAMAT DATANG di WWW.RODASAUT.BLOGSPOT.COM. disini anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi mulai dari KESEHATAN, TUTORIAL BLOG dan banyak lagi. jika ada artikel yang kurang jelas karena adanya kata-kata yang tidak jelas atau kurang, saya mohon untuk mengirim kritikan anda ke email rodasaut708@yahoo.co.id. terima kasih.

APA ITU METALCORE?

 Metalcore merupakan aliran musik hasil perpaduan antara Extreme Metal dan Hardcore Punk. Aliran musik Metalcore, mulai banyak dikenal oleh penikmat musik di seluruh penjuru dunia mulai sekitar tahun 2000'an, tapi proses terbentuknya mulai terlihat mulai tahun 90'an.

Metalcore berbeda dengan Metal-Hardcore. Memang bagi kita sulit sekali untuk membedakannya. Secara umum, perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah:

Guitar: Pada gitar, Metalcore cenderung memiliki ritmik yang sangat rumit atau melodi (gitar solo) yang agak rumit bagi kita, atau biasa disebut dengan Extreme Guitar. Dibandingkan dengan Metal-Hardcore yang memiliki ritmik yang lebih sederhana.
Drum: Dari segi drum, memang tidak memiliki banyak perbedaan, namun pada Metalcore biasanya dalam permainan drum, sedikit dibumbui dengan Blasting dan tempo double pedal yang agak rumit.
Vocal: Scream, Growl tidak dapat dipungkiri bahwa teknik vocal tersebut ditemukan pada kedua aliran musik tersebut, namun pada Metalcore pasti terdapat Clean (vocal normal tanpa scream)
Bass: Pada metalcore, bassist umumnya memainkan beberapa trik seperti slap, namun pada Metal-Hardcore, permainan bass mengikuti pedal drumer.
Agar bisa bermain Metalcore dengan gitar, sebaiknya anda memahami dan dapat mempraktekkan hal-hal dibawah ini:

Tuning:
Sebenarnya untuk bermain metalcore, anda dapat menggunakan tuning yang sering dipakai pada umumnya (E A D G B E), tapi menurut pengalaman beberapa orang, hasilnya akan kurang memuaskan. Saya menganjurkan untuk mengubah tuning gitsr anda menjadi D A D G B E, C G C F A D, D G C F A D, atau B F# B E G# C#. Anda juga bisa mengubah senar-6 saudara menjadi Drop D
(D A D G B E), tapi semua tergantung anda dan selera anda.

Tremolo Picking 
Kalau belum mengetahui Tremolo Picking, itu hanya nama lain dari Alternative Picking (picking dengan cara turun-naik) tetapi dilakukan dengan cara yang sangat cepat. Bila anda bermain Tremolo Picking jangan menggunakan pick yang terlalu tipis.

Power Chords
Power chords sebenarnya adalah sebuah chord yang sering digunakan dalam chorus sebuah lagu rock, yang memakai efek atau yang dapat anda kenal sebagai distorasi. Contoh power cord: A5 G5 C5.

Palm Muting
Teknik muting (mematikan suara) setelah kita memainkan satu not ke not berikutnya adalah hal yang jarang sekali di perhatikan. Tak heran kenapa orang bule lebih bisa main bersih ketimbang orang Indo karena malasah pada teknik yang sering di sebut "Palm-Muting" ini. Pada dasarnya kelihatan sangat mudah dan simple namun untuk prakteknya membutuhkan waktu yang relatif lama. 

Pinch Harmonis
Pinch Harmonis, merupakan teknik yang terlihat mencolok, pernahkah anda mendengar suara melengking yang dimainkan oleh seorang Gitaris ? Itulah yang disebut Pinch Harmonis. Cara melakukan Pinch Harmonis adalah dengan memetik senar dengan pick anda, lalu sentuh senar yang anda petik tadi dengan ibu jari dengan lembut dan tidak membuat suara senar tersebut berhenti namun dilakukan dengan cepat.

Teknik lain yang dapat dilakukan dalam Metalcore adalah Finger Tapping, namun sangat jarang sekali untuk digunakan.